” Bersabda Rosulullohi s.a.w : Hendaklah kamu takut akan doanya orang yang teraniaya meskipun adanya mereka itu kafir, maka sesungguhnya tak ada hijab lainnya (antara dia dengan Alloh Ta’ala)”.

Hadis ini menyangkut hak asasi manusia.
‘hendaklah kamu takut’  maksudanya ialah hendaklah hati-hati. Hati-hati jangan sampai mendholimi  orang lain walaupun orang itu kafir. Yang kaya jangan mendholimi yang miskin, yang kuasa jangan mendholimi yang dikuasai, yang pandai jangan mendholimi yang bodoh dst. Sebab yang didholimi itu kalau sampai berdoa pada Alloh, meskipun kafir akan terijabahi. Karena bila sudah merasa terjepit tidak ada yang menolong akan bisa langsung menerobos kepada Alloh.
Meskipun kafir didalamnya itu masih ada iman. Yaitu iman fitroh ( pembawaan ruh, bukan iman muktasab ) dan iman ini sifatnya kekal tidak akan hilang.
Meskipun kepada orang kafir, janganlah sampai menganiaya, apalagi kepada para muslim. Ini peringatan dari Nabi Muhammad s.a.w. Jangan mentang-mentang jadi penguasa, kaya, pandai dsb lalu berbuat sewenang-wenang terhadap sesama manusia. Soal kekafiran seseorang itu adalah urusannya Alloh dengan dia. Kita tetap harus menjaga masalah kemanusiaan, jadi tidak boleh menganiaya, menipu, merampok meskipun lain agama.
FAHAMNYA KHOWARIJ.
Kadang ada yang berpedoman harta bendanya orang kafir itu halal dirampok. Bahkan sampai anaknya orang kafir itu halal dibunuh, selain golongannya di anggap najis, sampai-sampai kursi bila diduduki orang lain, setelahnya dicuci. Ini adalah faham sumuci suci, fahamnya khowarij.
Semua orang selain mereka di anggap kafir, yang muslim hanya mereka. Bahkan Siti Aisyah, shohabat Ali r.a dan shohabat-shohabat yang tidak sealiran semuanya juga dianggap kafir. Faham khowarij ini diluar negeri telah dibasmi, tapi sudah merembet keIndonesia. Tiap-tiap pengikutnya diwajibkan menyerahkan 10% dari hasil usahanya kepada pimpinan nya guna untuk membangun istana khowarij dan katanya besok diganti surga.
Meskipun begitu yang masuk aliran khowarij juga banyak. Diantara sebabnya jika sudah masuk khowarij, aqal harus tidak jalan, semuanya harus ikut saja, harus taat mutlak. Ajarannya khowarij ini termasuk mendholimi orang lain dengan kedok agama.
Hadis lainnya yang menyangkut hak asasi manusia.
” Bersabda Rosululloohi s.a.w : Hendak lah kamu takut akan doanya orang yang teraniaya, maka sesungguhnya dia itu mohon kepada Alloh akan haknya dan sesungguhnya Alloh Ta’ala itu tidak mencegah orang yang mempunyai hak akan haknya ” 
Alloh Ta’ala tidak akan mencegah haknya seseorang. Bila telah menjadi haknya maka pasti akan diberikan.
Hak adalah sesuatu yang pasti harus dimiliki. Hak adalah asasi manusia. Tapi kadang-kadang hak itu dikorup, dihambat, dicegah.
Dalam Alqur-an ” kemulyaan ” itu adalah hak asasi manusia.
” Dan sungguh-sungguh kami telah memulyakan bani Adam “.
Karenanya kalau manusia itu sudah tidak mau memulyakan sesama manusia berarti sudah melanggar hak asasi manusia. Melanggar hak fadlila ( keutamaan ), hak karoma ( kemulyaan ).
Dan sebenarnya yang asasi itu bukan hanya hak saja, kewajiban itu juga asasi. Akan tetapi umumnya yang diramaikan adalah hak asasi saja, kewajibannya tidak dimasukkan asasi. Ini kliru.