1) MULAI SAKIT HARI SABTU

Apabila ada keluarga yang sakit, dan sakitnya itu sulit diobati, mohonlah kepada Alloh Ta’ala, asal tahu hari apa awal sakitnya. Umpama keluarganya yang sakit itu sakitnya mulai hari Sabtu, obatilah walaupun hanya sedikit, ambil atau bobokkan dengan debu. Karena hari Sabtu adalah awalnya Alloh Ta’ala menciptakan debu. (Yaumit Turba).
2) MULAI SAKIT HARI AHAD
Apabila ada keluarga yang sakit, dan sakitnya diawali pada hari Ahad, maka cara pengobatannya dapat diambil dari batu atau kerikil yang halus digosok-gosokkan pada kakinya. Karena hari Ahad itu awal Alloh Ta’ala menciptakan Jibal (bukit/gunung), makanya diambilkan dari unsur bukit.
3) MULAI SAKIT HARI ISNEN
Apabila keluarganya ada yang sakit dan sakitnya itu dimulai hari Isnen, karena hari Isnen itu Alloh Ta’ala awal menciptakan tumbuh-tumbuhan (Syajaroh), maka dapat diobati dengan daun-daunan, tumbuh-tumbuhan, mungkin daun delima, atau bila tidak ada bisa pakai daun Bengkuang atau bahan-bahan tumbuhan yang lain.
4) MULAI SAKIT HARI SELASA
Apabila keluarganya ada yang sakit dan sakitnya itu dimulai hari Selasa, dan kerena hari Selasa itu Alloh Ta’ala awal menciptakan Makruh (sesuatu yang tidak disenangi), maka cara pengbatannya memakai bahan dari sesuatu yang tidak disenangi.Umpama diobati dengan perantaraan yang bagus-bagus tidak sembuh-sembuh, maka carikan saja perantara obat yang makruh saja, misalnya mungkin air comberan (got).
5) MULAI SAKIT HARI RABU
Apabila keluarga ada yang sakit, dan sakitnya diawali pada hari Rabu, karena hari Rabu adalah hari awal Alloh Ta’ala menciptakan Nur (cahaya), maka perantaraan pengobatannya adalah melalui Nur (cahaya). Bisa menggunakan air sedikit dibacakan surat Al Fatehah, kemudian disinarkan sebentar saja pada sinar Matahari, lalu diobatkan (diminumkan). Untuk cahaya (Nur) sebagai perantara penyembuhan ini sistimnya memang banyak, bermacam-macam, ada dengan sinar Matahari, dengan sinar Bulan, sinar Bintang dll.
6) MULAI SAKIT HARI KAMIS
Apabila ada orang sakit yang sakitnya diawali hari kamis, karena hari kamis itu awal Alloh Ta’ala menciptakan hayawan (hewan), maka perantara obatnya adalah golongannya hayawan. Misalnya waktu sehatnya suka ikan Ayam, waktu sakit dapat disembuhkan dengan perantara ikan Ayam, ini enak. Hayawan itu banyak macamnya, tapi jangan dibakarkan hayawan Jangkrik.
7) MULAI SAKIT HARI JUM’AT
Apabila ada orang sakit yang sakitnya diawali hari Jum’at, karena hari Jum’at itu awal Alloh Ta’ala menciptakan manusia, maka ini gampang. Untuk yang seperti ini waktu mengobatinya ba’da ‘Asyar menjelang Maghrib (mustajabahnya hari Jum’at waktu menjelang Maghrib), diambilkan saja sedikit air liur di langit-langit (cethak) pada mulut, insya Alloh sembuh.Kalau tidak ada air liur bisa diganti Opel (kotoran hidung), tapi waktunya tepat menjelang Maghrib.