ISLAM ITU CAHAYA KEBERSIHAN

Islam adalah nama agama dan orang yang memeluk Islam disebut Muslim. Akan tetapi Islam dan Muslim itu tidak identik tetapi bisa saling mempengaruhi.
Islam itu adalah cahaya kebersihan.
QOOLQ ROSUULULLOH SAW
AL ISLAAMU NADHIIFUN FATANADH-DHOFU
Bersabda Rosululloh SAW : ” Islam itu suci oleh sebab itu kamu harus bersuci “.
Islam itu suci memberikan ajaran yang suci :
  • Suci perkataannya.
  • Suci tempatnya.
  • Suci pakaiannya.
Oleh sebab itu kalau ada orang Islam yang tidak bersih tempatnya, kotor pakaiannya, kotor badannya, kotor ucapannya, hatinya kotor, bakhil, sombong itu semua bukan ajaran Islam, bukan faham Islam. Kalau ada orang Islam seperti itu, jangan disalahkan Islamnya, yang salah itu orangnya sendiri. Orang seperti itu adalah orang yang menghalangi cahaya Islam. Mestinya Islam itu menyinari dirinya akan tetapi dihalang-halangi oleh kotorannya sendiri.
ISLAM ITU ADALAH NURUL JAMAL / CAHAYA KEINDAHAN
QOOLA ROSUULULLOOH SAW.
INNALLOOHA JAMIILUN YUHIBBUL JAMAAL.
Bersabda Rosululloh SAW.:” Sesungguhnya Alloh itu Maha Indah suka akan keindahan “.
Islam adalah cahaya Keindahan, semertinya orang Islam itu juga cahaya keindahan, akan tetapi kebanyakan umat Islam itu tidak indah. Perihidupnya tidak indah, akalnya tidak indah, itu semua bukan karena Islamnya yang tidak indah akan tetapi orangnya sendiri yang tidak indah. Kalau ada orang Islam yang tidak indah maka jangan disalahkan Islamnya karena Islam dan orang Islam itu tidak identik (beda). Pakaiannya tidak indah, padahal Islam itu indah.
Jadi kalau ada orang Islam yang tidak Indah dan tidak suka akan keindahan itu bukan ajaran Islamnya yang tidak indah akan tetapi orangnya sendiri yang tidak indah.
Kadang ada orang yang pakaiannya itu gedombal-gedambel ( lusuh dan compang-camping) ingin dianggap tashawwuf . Apakah ajaran Islam itu gedombal -gedambel ? Kadang-kadang salah pengertian, Islam itu dilihat pakaiannya, kemudian biar dikatakan orang yang zuhud dengan dunia pakaiannya itu gedombal-gedambel. Zuhud itu bahasa Arab artinya bertapa ( tapanya hati) Jadi zuhud itu adalah ibadah didalam hati.
Contoh : Walaupun banyak makanan dan minuman, tetapi kita tidak makan dan minum satu hari itu dinamakan puasa. Begitu pula dengan zuhud, walaupun hartanya itu banyak ( pabriknya 10 buah) uangnya banyak milyaran, akan tetapi kalau hatinya tidak kumanthil-kanthil (terikat / cinta) dengan hartanya, itu dinamakan zuhud. Orangnya tidak bakhil untuk kebaikan bersama itu namanya zuhud.
Akan tetapi walaupun ada orang yang hanya mempunyai uang Rp.10.000,- kalau didalam hatinya itu pelit itu namanya tidak zuhud walaupun dia hanya mempunyai uang Rp.10.000,-
Yang lain (Sambungan) :
  • Islam itu adalah cahaya keselamatan
  • Penghalang cahaya Islam